Wisata

Pantai Ungapan

Pantai Ungapan adalah sebuah pantai di pesisir selatan atau berada di Samudra Hindia, dimana secara administratif masuk Desa Gagahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Bajulmati. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari Kota Malang dan dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan untuk mencapainya. Jika dari Kota Malang Anda bisa mengambil arah ke Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendang biru. Jalannya sudah beraspal mulus tetapi berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan. Tidak jauh sebelum memasuki Pantai Sendangbiru terdapat sebuah pertigaan Jalan Lintas Selatan (JLS) dan sudah ada plakat petunjuk arah bila berbelok ke kiri akan menuju Pantai Sendangbiru, sedangkan bila berbelok ke kanan akan menuju Pantai Bajul mati dan Pantai Goa Cina. Dari pertigaan itu, Anda berbelok ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut sampai menemui jembatan Bajulmati. Jika telah tiba di jembatan ini, artinya telah dekat dengan Pantai Ungapan.

Setelah melewati Jembatan Bajulmati kita akan menemukan jalan menuju Pantai Goa China. Setelah sekitar 10 menit kemudian sampailah Anda di Pantai Ungapan. Dari jembatan tersebut, lurus saja mengikuti jalan dan tidak jauh kemudian kita akan menemukan papan petunjuk arah yang bertuliskan ke kiri menuju Pantai Ungapan. Bila lurus Anda akan menuju Pantai Bajulmati. Selama menempuh perjalanan ini, Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi jurang. Alternatif jalan lainnya, Anda bisa juga dengan melalui jalur menuju Pantai Balekambang meskipun akan lebih jauh. Yaitu dengan menuju arah Pantai Balekambang sampai terdapat sebuah perempatan, bila lurus akan menuju Balekambang dan jika ke kiri akan menuju Bajulmati dan Ungapan. Rutenya masih satu jalur dengan Pantai Goa China yang berjarak sekitar 10 menit dari Pantai Goa China.

Baca Juga:  Monumen Simpang Lima Gumul

Pantai Ungapan memang terletak bersebelahan di antara Pantai Goa China dan Pantai Bajulmati. Pantai Ungapan sebenarnya masih satu garis dengan Pantai Bajulmati. Namun karena Pantai Bajulmati sangat panjang sehingga akhirnya dibagi menjadi beberapa pantai yaitu Pantai Ungapan dan Pantai Jelangkung. Saat ini Pantai Ungapan dikelola oleh Perum Perhutani. Nama Ungapan berasal dari Bahasa Jawa yang berarti muara sungai atau pertemuan antara sungai dan laut. Di pantai ini memang terdapat sebuah muara yang biasanya dipergunakan untuk berenang oleh para wisatawan yang datang. Harga tiket untuk memasuki kawasan Pantai Ungapan sebesar Rp 5.000 per orang di sebuah loket yang telah disediakan pihak Perhutani