Wisata

Taman Safari Indonesia II (Prigen, Pasuruan)

Taman safari prigen mungkin sudah tidak asing didengar lagi oleh mereka pecinta petualangan, memiliki hobi jalan-jalan atau biasa saja. Sebagai taman safari kedua setelah Taman safari bogor, keberadaannya mampu menyedot banyak pengunjung, baik saat musim liburan ataupun tidak. Hal ini disebabkan berbagai keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya sekaligus tersedianya berbagai media hiburan di wahana ini.

Taman safari prigen berada di Taman Nasional Gunung Arjuna, tepatnya di desa Jatirejo, daerah Prigen, Jawa Timur. Untuk mencapainya, anda harus menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam jika berangkat dari kota Surabaya, dan 1-2 jam jika berangkat dari kota Malang. Di sepanjang perjalanan tersedia petunjuk jalan menuju wahana ini, terlebih lagi jika anda telah berada 1 km sebelum pintu masuk utamanya.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Sesampainya di pintu masuk pertama, anda tidak dapat langsung memasuki wahana ini, melainkan hanya disambut oleh sepasang gading buatan berukuran besar sebagai gerbang masuk sekaligus ucapan selamat datang di Taman Safari Prigen. Dari pintu masuk utama, anda harus menempuh perjalanan beberapa kilometer lagi, ditempuh sekitar 30 menit – 1 jam, dengan medan yang menanjak serta jalanan teraspal rapi.

Sesampainya di pintu masuk utama, anda akan dipertemukan lagi dengan gerbang selamat datang. Disini sekaligus terdapat loket pembelian tiket, toko cenderamata, toilet, area parkir dan peristirahatan, serta bus tur yang akan digunakan untuk rombongan ataupun oleh pengunjung yang tidak membawa kendaraan sendiri. Pada loket tiket, pengunjung harus membayar tiket masuk perorang sebesar Rp 70.000 untuk dewasa dan Rp 65.000 untuk anak-anak usia 1-5 tahun.

Bagi anda dengan kendaraan sendiri berupa mobil, akan dikenai tiket tambahan kendaraan sebesar Rp 5.000. Untuk tiket masuk kendaraan, sebaiknya jangan sampai hilang. Karena jika hilang, saat keluar nanti anda akan dikenai pemeriksaan tambahan seperti STNK serta dikenakan denda atas hilangnya tiket masuk kendaraan tersebut. Bagi anda yang datang dengan rombongan atau tidak membawa mobil, wahana ini menyediakan bus tur gratis yang akan mengantarkan pengunjung menuju wahana hingga menuju pintu keluar. Wahana ini dibuka mulai pukul 08.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 atau pukul 5 sore.

Baca Juga:  Goa Pandawa Batu-Malang

Taman Safari Prigen juga merupakan salah satu taman safari terluas di Asia dengan luas area sebesar 350 hektar. Wahana ini memiliki berbagai macam spesies dengan lingkungan hidup alami, suasana sejuk, pepohonan rimbun dengan mengusung konsep habitat satwa seperti di alam bebas. Sehingga, meskipun satwa disini berada dalam penangkaran, habitatnya dibuat serupa dengan aslinya di alam bebas, agar member kenyaman pada hewan tersebut.

Keanekaragaman hewan disini berasal dari 5 benua yang ada. Dimana saat anda memasuki area safari, anda akan bertemu dengan hewan dari benua Asia, lalu Afrika, Amerika, Australia dan Eropa. Hewan-hewan ini tidak dikandangkan, melainkan dilepas bebas di area habitatnya. Sehingga pengunjung sangat dilarang untuk turun serta keluar dari kendaraan, apalagi mencoba berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Jika ingin memberikan makan, pengunjung akan di damping oleh staf yang menyediakan makanan sesuai dengan jenis hewannya. Hewan yang ada di taman safari prigen antara lain, seperti Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, Singa, Harimau Bengala, Banteng, Beruang, Orangutan, Zebra, berbagai jenis unggas, Ular dan Kanguru.

Uniknya, saat berada di area safari, hewan tersebut tak segan-segan untuk menghampiri kendaraan, bahkan ada yang berbaring di tengah jalan. Jika hal ini terjadi, anda sebagai pengunjung harus mengalah, sabar menunggu hingga mereka pindah, atau dapat melanjutkan perjalanan kembali jika ada celah kosong. Jangan sesekali mencoba membunyikan klakson untuk mengusirnya, karena hal ini sangat dilarang. Selain itu, dapat pula menimbulkan kepanikan pada hewan tersebut.

PRIGEN 2

Setelah menyelesaikan perjalanan di area safari, pengunjung akan tiba di area utama. Disini terdapat kafetaria, arena pertunjukan hewan, toko cenderamata, waterpark hingga baby zoo, dimana anda bisa melihat bayi-bayi hewan yang ada di wahana ini sekaligus berfoto dengannya. Ingin mencoba sensasi makan yang berbeda? Tersedia sebuah restoran, dimana anda akan makan dengan ditemani harimau putih, tentu saja dipisahkan oleh kaca lapis tebal, sehingga anda tetap aman.

Baca Juga:  Paralayang Gunung Banyak – Kota Batu
27taman_safari_2

Untuk pengunjung yang ingin melihat atraksi hewan, tersedia berbagai wahana pertunjukan, seperti wahan pertunjukan elang, lumba-lumba, gajah dan harimau. Serta tersedia pula wahana permainan pertualangan, salah satunya yang terkenal yaitu ‘Journey to The Temple of Teror’, lengkap dengan atraksi mengagumkannya. Sehingga wahana ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur, terutama bersama keluarga tercinta.