Tips

Mengenal Lebih Dekat Tentang Internet of Things!

Jika mendengar kata Internet of Thing apa yang ada di benakmu?

Jika ditanya, mungkin tak banyak yang mengerti sepenuhnya tentang Internet of Things. Ya memang julukan ini jarang disebut kecuali dalam sekolah atau kuliah.

Kalau kamu pernah melihat benda atau teknologi yang belakangnya ditambahkan kata ‘smart’ itu adalah salah satu bentuk dari Internet of Things.

Lalu apa manfaatnya bagi masyarakat? Jaka ulas selengkapnya di bawah ini. Yuk simak guys!

Internet of Things: Definisi, Manfaat, dan Kekurangan

Apa sih Internet of Things?

internet-of-things-1

Internet of Things atau IOT merupakan konsep dari objek yang punya kemampuan untuk saling mengirim dan menerima data entah itu melalui kabel atau nirkabel.

Perkemabang IOT sangat pesat dan kini hampir segala hal yang kita lakukan berhubungan dengan objek IOT guys.

Contohnya saja QR code atau yang lebih canggih adalah Google Home, dimana kamu dapat mengendalikan perangkat penting di rumah hanya melalui HP.

Hal ini dapat terwujud karena adanya internet guys, Jaka yakin kamu semua mengerti betul ya soal internet.

Sama halnya dengan kamu menyalakan TV dengan remote, nah di sini kamu dapat menyalakan atau mematikan perangkat kamu dari kejauhan dengan menggunakan HP yang terhubung melalui internet.

IOT merupakan salah satu bentuk dari teknologi masa depan, hal ini pun diterapkan ke dalam skala yang lebih besar yaitu kota.

Contohnya saja Jakarta yang menerapkan smart city atau kota pintar. Hal kecil seperti informasi banjir dapat dilihat oleh warga melalui aplikasi atau CCTV kota yang memantau setiap jalanan.

Lalu apa manfaat atau kelebihan yang didapatkan dari sebuah Internet of Things?

Manfaat Internet of Things

Tentu segala teknologi yang diciptakan oleh manusia memiliki tujuan atau manfaat tertentu. Begitu juga dengan IOT yang dibuat dengan manfaat untuk masyarakat.

Baca Juga:  10 Aplikasi GPS Tanpa Internet (Offline) Terbaik

Di sini konteksnya cukup besar, karena melibatkan seluruh teknologi yang tersambung oleh internet di seluruh Indonesia.

Berikut adalah manfaat dari Internet of Things pada bidang tertentu:

  • Kesehatan: Dengan menggunakan teknologi yang terhubung satu sama lain, kini seorang dokter dapat mengawasi pasien tanpa harus mengunjunginya. Seluruh pengawasan akan diatasi oleh teknologi.
  • Industri: Tentu dalam industri, keselamatan karyawan, pemeliharaan fungsi industri, dan pemantau CCTV sangat diperlukan. Hal ini dapat diatasi dengan teknologi untuk pengawasan seluruh elemen industri yang terhubung satu sama lainnya.
  • Lingkungan: Kebakaran dapat dicegah sejak dini dengan pendeteksi yang terhubung langsung dengan pihak terkait atau melalui sistem otomatis. Teknologi yang digunakan biasanya berbentuk sensor panas.
  • Perkantoran dan Rumah: Perkantoran tentu memiliki berbagai macam perangkat elektronik untuk perawatan atau keamanan gedung. Banyak gedung perkantoran yang sudah menggunakan teknologi pintar seperti CCTV dan sensor keamanan pada lift. Sedangkan dalam rumah, hal kecil seperti lampu pintar pun biasa digunakan untuk menghemat listrik.

Kekurangan Internet of Things

Meskipun IOT memiliki manfaat yang cukup penting, tapi ada beberapa celah dalam penerapannya pada teknologi.

Apalagi, teknologi ini berhubungan dengan internet yang terhubung satu sama lainnya. Berikut kekurangan dari IOT:

  • Keamanan: Ya, IOT memang menerapkan fungsi sebagai kemanan, tapi hal-hal seperti hacking dapat terjadi dan mengganggu kemanan dari perangkat. Tentu kamu sering menyaksikan film action yang bertema penyusup bukan? Itulah yang dikhawatirkan dari teknologi yang terhubung dengan internet.
  • Sistem Kompleks: Penggunaan IOT pada teknologi dapat membuat penggunaan, pemeliharaan, hingga pembuatannya yang lebih kompleks. Hal ini berdampak pada saat ada kerusakan pada salah satu perangkat, maka akan lebih rumit diatasi daripada perangkat non-IOT.
Baca Juga:  Cara Download Video di Facebook Terbaru 2019