Coretan

5 Aturan untuk Tes Kecepatan Internet Lebih Akurat

Sebagian besar dari kita akrab dengan layanan tes kecepatan internet populer di luar sana. Anda mungkin pernah melihat beberapa situs ini sebelumnya, seperti Speedtest.net, Speakeasy, dll.

Apa yang dilakukan situs-situs ini adalah membiarkan Anda menguji unggahan dan unduhan bandwidth Anda, memberi Anda beberapa gagasan tentang kualitas koneksi Anda ke internet … tetapi seberapa akuratkah mereka?

Sayangnya, mereka sering tidak akurat sama sekali. Terkadang, tes kecepatan internet tidak akurat karena metode yang digunakan layanan ini tidak bagus, tetapi sering kali itu karena Anda belum melakukan hal-hal di ujung Anda untuk memastikan angka tidak miring.

Di bawah ini adalah 5 hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan tes kecepatan internet Anda seakurat mungkin.

Silakan baca tutorial Cara Menguji Kecepatan Internet Anda jika Anda belum melakukannya. Situs tes kecepatan internet sering kali hebat tetapi tidak selalu merupakan cara terbaik untuk menguji bandwidth Anda.

Selalu Mulai Ulang Modem & Router Anda
Ya, kami tahu, memulai kembali adalah saran langkah pertama standar untuk hampir semua masalah teknologi di luar sana, tetapi juga merupakan langkah proaktif yang hebat untuk dilakukan juga, terutama dengan router dan modem digital berkecepatan tinggi.

Modem dan router yang bekerja bersama untuk memberikan komputer Anda dan perangkat lain akses ke internet, itu sendiri, komputer kecil. Komputer mungil dengan beberapa pekerjaan sangat besar, seperti menavigasi semua jenis lalu lintas di rumah Anda dengan benar.

Sama seperti komputer atau ponsel cerdas Anda, berbagai hal mencegahnya berfungsi dengan baik seiring berjalannya waktu. Dengan modem dan router, masalah-masalah tersebut terkadang bermanifestasi sebagai web browsing yang lamban dan streaming film.

Karena kami sedang melakukan tes kecepatan internet yang sangat akurat, dan memulai kembali modem dan router Anda sering membantu mengembalikan keduanya ke status bekerja penuh, melakukan hal yang sangat masuk akal.

Baca Juga:  Membuat Website Apapun menjadi Aplikasi Desktop dengan Electron

Pelajari cara me-restart router & modem dengan benar untuk cara yang benar untuk melakukan ini. (Ya, ada cara yang salah!)

Setel Ulang Pengaturan Jaringan
Jika Anda tiba-tiba mengalami kesulitan menyambung ke jaringan dari iPhone, administrator mungkin baru saja mengubah pengaturan konfigurasi jaringan. Apple iPhone mengingat pengaturan (seperti opsi keamanan nirkabel) yang sebelumnya digunakan untuk Wi-Fi, VPN, dan jenis koneksi lainnya. Memperbarui pengaturan jaringan individual pada telepon agar sesuai dengan konfigurasi baru jaringan sering menyelesaikan masalah ini. Namun, jika koneksi jaringan masih tidak berfungsi dengan baik, iPhone juga menyediakan opsi untuk sepenuhnya menghapus semua pengaturan jaringan telepon, memungkinkan Anda untuk memulai dengan pengaturan baru.

Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan iOS, buka bagian Umum di dalam Pengaturan, lalu buka bagian Atur Ulang dan tekan tombol Atur Ulang Pengaturan Jaringan. (Perhatikan fitur ini mengharuskan Anda mengkonfigurasi ulang jaringan nirkabel atau kabel yang ingin Anda akses.)

Nonaktifkan Bluetooth Saat Tidak Digunakan
Bluetooth dapat digunakan pada iPhone untuk menghubungkan keyboard nirkabel atau perangkat periferal lainnya. Beberapa aplikasi pihak ketiga juga memungkinkan transfer file Bluetooth antar perangkat iOS. Namun, kecuali dalam situasi khusus ini, tetap mengaktifkannya menimbulkan risiko keamanan (kecil) dan mengurangi masa pakai baterai (sedikit). Menonaktifkan itu berarti satu hal lagi yang bisa salah.

Untuk menonaktifkan Bluetooth di iOS, buka bagian Bluetooth di dalam Pengaturan dan alihkan pemilih ke Mati.

Jangan Gunakan Internet untuk Hal Lain
Meskipun Anda mungkin sudah memikirkan yang ini, mungkin ini aturan paling penting untuk diingat ketika menguji kecepatan internet Anda: jangan gunakan internet saat Anda mengujinya!

Jelas, ini berarti bahwa Anda seharusnya tidak memiliki selusin jendela lain yang terbuka di komputer Anda, tetapi pastikan untuk memeriksa hal-hal lain yang mungkin Anda anggap remeh yang sering menggunakan internet.

Baca Juga:  5 Merek HP Terkenal yang Akan Diblokir oleh Pemerintah

Beberapa hal yang terlintas dalam pikiran termasuk layanan streaming musik yang berjalan di latar belakang, pengunduhan patch melalui Pembaruan Windows, streaming Netflix di TV di ruangan lain, dll.

Jangan lupa perangkat seluler juga. Sebagian besar ponsel pintar terhubung secara otomatis ke jaringan nirkabel Anda ketika mereka berada dalam jangkauan, jadi menyalakan mode pesawat mungkin merupakan ide cerdas selama pengujian Anda … dengan asumsi Anda tidak menguji dari ponsel Anda, tentu saja.

Jika Anda tidak yakin apakah ada sesuatu yang menggunakan internet, mematikannya adalah taruhan yang aman selama pengujian Anda.

Nyalakan kembali Komputer atau Perangkat Anda Sebelum Menguji
Di sini kita pergi lagi dengan hal-hal yang memulai kembali, tetapi memulai kembali benar-benar banyak membantu.

Ya, seperti halnya dengan router dan modem, menyalakan kembali komputer (atau tablet, smartphone, dll.) Yang Anda uji dari internet adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan yang mungkin memiliki dampak nyata pada keakuratan tes internet Anda .

Mungkin aneh untuk me-restart perangkat Anda ketika apa yang Anda uji adalah koneksi internet, tetapi bagian dari pengujian bergantung pada perangkat keras Anda untuk bekerja dengan baik.

Jangan Lupa Membersihkan Tembolok Peramban Anda
Pada catatan itu, hal lain yang cerdas untuk dilakukan sebelum menguji kecepatan internet Anda adalah menghapus cache browser Anda. Anda harus melakukan ini sebelum setiap tes berikutnya, dengan asumsi Anda berencana untuk menguji beberapa kali berturut-turut.

Sebagian besar tes kecepatan internet bekerja dengan mengunduh dan mengunggah satu atau lebih file dengan ukuran tertentu dan kemudian menggunakan waktu yang dibutuhkan file-file itu untuk menghitung kecepatan internet Anda.

Jika Anda menguji beberapa kali berturut-turut, hasil pengujian setelah pengujian awal mungkin dipengaruhi oleh fakta bahwa file-file itu sudah ada di komputer Anda (mis. Mereka di-cache). Tes kecepatan internet yang baik harus mengimbangi itu, tetapi Anda akan terkejut betapa sering kita melihat masalah karena mereka tidak.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Aplikasi Android Online & Tanpa Coding

Pelajari cara menghapus cache browser Anda untuk browser apa pun yang Anda gunakan untuk menguji.

Meskipun mungkin jelas, Anda dapat melewati langkah ini jika Anda menggunakan aplikasi untuk menguji kecepatan internet atau menggunakan metode non-browser lainnya.

Pilih Tes Kecepatan Internet HTML5 Alih-alih
Terakhir, tetapi tentu tidak kalah pentingnya, kami sangat menyarankan Anda menguji bandwidth Anda dengan tes berbasis HTML5, bukan berbasis Flash.

SpeedOf.Me, Speedtest.net, TestMy.net, dan Bandwidth Place adalah semua tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang telah kami teliti dan dengan senang hati merekomendasikan.

Diperkirakan tes berbasis Flash, seperti yang dari Speakeasy yang sangat populer, serta sebagian besar tes yang di-hosting oleh ISP, harus melakukan penyesuaian, sebanyak 40%, untuk mengimbangi kenyataan bahwa tes mereka menggunakan Flash!

Lihat HTML5 vs Tes Kecepatan Internet Flash: Mana yang Lebih Baik? untuk lebih banyak tentang topik ini.

Ingatlah bahwa Tidak Ada Tes Kecepatan yang Sempurna
Meminimalkan “noise” selama tes kecepatan internet, yang mana beberapa tips di atas membantu Anda, tentu berkontribusi pada hasil tes kecepatan yang lebih akurat.

Perlu diingat, bahwa semua yang Anda uji dengan tes kecepatan internet adalah seberapa baik koneksi Anda saat ini bekerja antara komputer atau perangkat Anda dan server pengujian itu sendiri.

Walaupun ini bagus untuk gambaran umum tentang seberapa cepat (atau lambat) koneksi internet Anda, itu tidak selalu berarti bahwa ini adalah bandwidth yang harus selalu Anda harapkan antara Anda dan di mana pun.