Coretan

Memecahkan Masalah Dengan Jaringan wireless di Perangkat iOS

Seiring dengan kemajuan teknologi ponsel cerdas, orang dapat berbuat lebih banyak dengan perangkat mereka. Namun, ada kemungkinan bahwa lebih banyak hal juga bisa salah. Panduan ini menjelaskan cara memecahkan (atau menghindari) masalah koneksi nirkabel yang paling umum pada Apple iPhone dan perangkat iOS lainnya.

Perbarui iOS untuk Meningkatkan Konektivitas Wi-Fi
Pemilik iPhone mengeluh tentang masalah konektivitas Wi-Fi dengan iPhone berkali-kali selama bertahun-tahun termasuk kontroversi grip kematian iPhone 4 yang terkenal. Penyebab utama masalah ini kadang-kadang dikaburkan dengan informasi yang salah, tetapi Apple telah memberikan beberapa solusi di masa lalu melalui perbaikan pada firmware ponsel. Selalu mencari dan menginstal pembaruan iOS jika tersedia ketika mengalami masalah konektivitas Wi-Fi di iPhone Anda.

Untuk memeriksa versi dan meningkatkan iOS pada perangkat Apple, buka bagian Umum di dalam aplikasi Pengaturan, lalu buka bagian Pembaruan Perangkat Lunak.

Matikan LTE
Apple menambahkan kemampuan LTE ke iPhone dimulai dengan iPhone 5. LTE memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data melalui koneksi seluler secara signifikan lebih cepat daripada protokol jaringan yang lebih lama. Sayangnya, LTE juga dapat menghasilkan interferensi radio yang menyebabkan iPhone mengganggu sinyal televisi digital atau elektronik rumah lainnya. Menjaga agar LTE tetap aktif akan mengurangi masa pakai baterai di beberapa lokasi. Dan transfer kecepatan yang lebih tinggi dari LTE berarti bahwa tutup data pada paket layanan Anda dapat dilampaui lebih cepat. Memberikan manfaat kecepatan sebagai imbalan untuk menghindari semua masalah ini bisa menjadi tradeoff yang bermanfaat.

Untuk menonaktifkan LTE di iOS, buka bagian Umum di dalam Pengaturan, lalu buka bagian Seluler dan alihkan pemilih untuk “Aktifkan LTE ke Mati.

Baca Juga:  Situs Cek IMEI Kemenperin

Lupakan Jaringan Wi-Fi
Apple iOS dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang Anda temukan sebelumnya. Ini nyaman untuk jaringan rumah tetapi tidak diinginkan di lokasi umum. iOS berisi fitur “Lupakan Jaringan Ini” yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan perangkat agar tidak terhubung secara otomatis ke jaringan yang Anda tentukan.

Untuk menonaktifkan koneksi-otomatis untuk jaringan, buka bagian Wi-Fi di dalam Pengaturan, lalu buka menu sebelah kanan yang terhubung ke jaringan aktif dan tekan tombol Lupakan Jaringan Ini di bagian atas layar. (Perhatikan fitur ini mengharuskan Anda terhubung ke jaringan yang pengaturan koneksi-otomatisnya Anda ubah.)

Setel Ulang Pengaturan Jaringan
Jika Anda tiba-tiba mengalami kesulitan menyambung ke jaringan dari iPhone, administrator mungkin baru saja mengubah pengaturan konfigurasi jaringan. Apple iPhone mengingat pengaturan (seperti opsi keamanan nirkabel) yang sebelumnya digunakan untuk Wi-Fi, VPN, dan jenis koneksi lainnya. Memperbarui pengaturan jaringan individual pada telepon agar sesuai dengan konfigurasi baru jaringan sering menyelesaikan masalah ini. Namun, jika koneksi jaringan masih tidak berfungsi dengan baik, iPhone juga menyediakan opsi untuk sepenuhnya menghapus semua pengaturan jaringan telepon, memungkinkan Anda untuk memulai dengan pengaturan baru.

Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan iOS, buka bagian Umum di dalam Pengaturan, lalu buka bagian Atur Ulang dan tekan tombol Atur Ulang Pengaturan Jaringan. (Perhatikan fitur ini mengharuskan Anda mengkonfigurasi ulang jaringan nirkabel atau kabel yang ingin Anda akses.)

Nonaktifkan Bluetooth Saat Tidak Digunakan
Bluetooth dapat digunakan pada iPhone untuk menghubungkan keyboard nirkabel atau perangkat periferal lainnya. Beberapa aplikasi pihak ketiga juga memungkinkan transfer file Bluetooth antar perangkat iOS. Namun, kecuali dalam situasi khusus ini, tetap mengaktifkannya menimbulkan risiko keamanan (kecil) dan mengurangi masa pakai baterai (sedikit). Menonaktifkan itu berarti satu hal lagi yang bisa salah.

Baca Juga:  An A-Z Index of the Linux command line and cheat sheet

Untuk menonaktifkan Bluetooth di iOS, buka bagian Bluetooth di dalam Pengaturan dan alihkan pemilih ke Mati.