Tutorial

Packet Size Network MTU dan Maximum TCP

Maximum transmission unit (MTU) adalah ukuran maksimum dari satu unit data komunikasi digital yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Ukuran MTU adalah properti bawaan dari antarmuka jaringan fisik dan biasanya diukur dalam byte. MTU untuk Ethernet, misalnya, adalah 1500 byte. Beberapa jenis jaringan, seperti token ring, memiliki MTU yang lebih besar, dan beberapa jaringan memiliki MTU yang lebih kecil, tetapi nilainya tetap untuk setiap teknologi fisik.

MTU vs. Ukuran Paket TCP Maksimum
Protokol jaringan tingkat tinggi seperti TCP / IP dapat dikonfigurasi dengan ukuran paket maksimum, yang merupakan parameter independen dari MTU lapisan fisik di mana TCP / IP berjalan. Sayangnya, banyak perangkat jaringan menggunakan istilah ini secara bergantian. Pada kedua router broadband rumah dan konsol gim yang mendukung Xbox Live, misalnya, parameter yang disebut MTU, pada kenyataannya, adalah ukuran paket TCP maksimum dan bukan MTU fisik.

Di Microsoft Windows, ukuran paket maksimum untuk protokol seperti TCP dapat diatur dalam Registri. Jika nilai ini disetel terlalu rendah, arus lalu lintas jaringan dipecah menjadi sejumlah besar paket kecil, yang berdampak buruk pada kinerja. Xbox Live, misalnya, membutuhkan nilai ukuran paket setidaknya 1365 byte. Jika ukuran paket TCP maksimum disetel terlalu tinggi, itu melebihi MTU fisik jaringan dan menurunkan kinerja dengan mengharuskan setiap paket dibagi menjadi yang lebih kecil – suatu proses dikenal sebagai fragmentasi. Komputer Microsoft Windows default ke ukuran paket maksimum 1500 byte untuk koneksi broadband dan 576 byte untuk koneksi dial-up.

Masalah Terkait MTU
Secara teori, batasan ukuran paket TCP adalah 64K (65.525 byte). Batas ini jauh lebih besar daripada yang pernah Anda gunakan karena lapisan transmisi memiliki ukuran yang jauh lebih rendah. MTU Ethernet sebesar 1500 byte membatasi ukuran paket yang melewatinya. Mengirim paket yang lebih besar dari jendela transmisi maksimum untuk Ethernet disebut jabbering. Jabber dapat diidentifikasi dan dicegah. Jika tidak ditangani, mengoceh dapat mengganggu jaringan. Biasanya, jabber dideteksi oleh hub repeater atau switch jaringan yang dirancang untuk melakukannya. Cara paling sederhana untuk mencegah jabber adalah dengan mengatur ukuran maksimum paket TCP tidak lebih dari 1500 byte.

Baca Juga:  Belajar NodeJS dan Panduan Installasinya

Masalah kinerja juga dapat terjadi jika pengaturan transmisi maksimum TCP pada router broadband rumah berbeda dari pengaturan pada masing-masing perangkat yang terhubung dengannya.