Wisata

Coban Glotak Kab Malang

Air Terjun Coban Glotak ini adalah air terjun di Malang yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Kawi. Karena itu, Lingkungan di coban ini bisa dibilang masih sangat alami.

Dari warga setempat, selain air terjun ini sebenarnya ada 7 air terjun lain. Namun, Air Terjun Coban Glotak ini merupakan coban yang berada di urutan terbawah dari 7 coban yang berada di atasnya. Karena itu, untuk menuju ke air terjun ini lumayan sulit. Pengunjung harus rela menyusuri sungai.

Secara administratif, air terjun Coban Glotak ini berada di di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini juga masih dikelola oleh pihak perhutani, dan untuk masuk ke dalam Coban Glotak harga tiket yang harus dibayarkan adalah IDR 4000.

Konon, disebutkan kalau nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Kemungkinan sih, itu adalah bunyi dari bebatuan yang jatuh karena terbawa air. Batu yang jatuh tadi tentu akan menimbulkan bunyi “klotak – klotak”.

Coban Glotak, cocok untuk yang suka bertualang via @neenahanso
Coban Glotak, cocok untuk yang suka bertualang via @neenahanso

Nah, mungkin dari kejadian alami itulah yang kemudian malah dijadikan nama air terjun tersebut. Beberapa orang beruntung yang berkunjung kesini, mungkin akan bisa mendengarkan bebunyian itu tadi disaat malam hari tiba.

Cara menuju air terjun Coban Glotak ini nggak terlalu sulit. Lokasinya sendiri berjarak sekitar 15 km ke arah barat Kota Malang. Atau, sekitar 4 km dari Desa Bedalisodo dengan kondisi jalanan yang kurang bagus (sebagian makadam dan sebagian tanah liat).

Kalau beruntung, kalian bisa melihat pelangi di air terjun ini via @alvinsaerang
Kalau beruntung, kalian bisa melihat pelangi di air terjun ini via @alvinsaerang

(Baca Juga : Wisata Air Terjun Coban Jahe Malang Untuk Yang Suka Bertualang)

Setelah sampai di Desa Bedalisodo perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mengikuti aliran sungai yang mata airnya berasal dari aliran Coban Glothak sendiri. Perjalanan ini kurang lebih akan menempuh jarak sekitar 2 km, hingga tiba di lokasi keberadaaan si air terjun.

Baca Juga:  Monumen Kapal Selam Surabaya

Buat yang belum kenal dengan Malang, mungkin agak sulit untuk menemukan petunjuk jalan tentang keberadaan lokasi air terjun tersebut. Karena itu, kadang hal ini bisa menyulitkan pengunjung yang ingin berlibur ke Air Terjun Coban Glotak.

Lokasi Coban Glotak ini memang cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Kawi via @putrinorm
Lokasi Coban Glotak ini memang cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Kawi via @putrinorm.png

Salah satu petunjuk jalan yang jelas adalah di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Itu juga kalau kalian menyadari adanya petunjuk menuju ke air terjun ini. Sebaiknya kalian juga bisa menggunakan petunjuk cara menuju ke Coban Glotak lewat aplikasi google maps disini.