Tutorial

Ciptakan Hologram Keren di HP Android Sendiri

Kamu pasti pernah nonton film-film fiksi ilmiah, atau film superhero dengan teknologi canggih seperti Iron Man. Dalam film, biasanya diceritakan bahwa komputer-komputer canggih di masa depan dibuat tanpa menggunakan layar, tapi gambarnya ditampilkan dalam bentuk hologram. Teknologi hologram atau holografi merupakan teknik pemantulan dan refleksi cahaya agar gambar atau video yang ditampilkan dapat dilihat dari berbagai sudut dan seolah nyata, layaknya ilusi tiga dimensi. Sekilas memang rumit, namun ternyata cara membuat hologram video sangat sederhana, loh! Bahkan dengan Modal Goceng, Kamu Bisa Ciptakan Hologram Keren di HP Android Sendiri!

hologram video
hologram video

Rupanya teknologi hologram ini sangat mudah dibuat dalam kehidupan nyata. Kalau dulu mungkin kamu pikir bahwa hologram merupakan teknologi canggih yang membutuhkan biaya besar, kamu salah. Ternyata kamu bisa membuat hologram sendiri dengan hanya bermodalkan smartphone kamu. Perangkat reflektor holografik yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan gambarnya pun bisa kamu buat dengan modal sekitar Rp 5.000,- atau bahkan GRATIS. Nggak percaya? Kali ini Jaka akan kasih tahu cara membuat hologram video. Ini dia langkah-langkahnya.

Cara Membuat Perangkat Hologram dengan Modal Cuma Goceng!

  • Buat pola trapesium di kertas biasa dengan ukuran seperti gambar di bawah ini.
hologram video
  • Atau kalau kamu mau tinggal nge-print polanya, Jaka juga sediakan dalam bentuk dokumen PDF yang bisa kamu download di sini.
  • Siapkan alat-alat dan bahannya, yaitu:
  1. Kotak CD Bekas
  2. Pisau Cutter
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Lem dan selotip
hologram video
  • Potong bagian kotak CD yang bening seperti kaca, sesuaikan dengan ukuran pada pola yang sudah kamu buat tadi. Usahakan memotong dengan ukuran yang tepat, sehingga gambar yang dipantulkan akan terlihat sempurna. Buat empat buah trapesium dengan bentuk dan ukuran yang sama.
  • Tempelkan sisi-sisi keempat keping trapesium tersebut dengan selotip dan lem hingga membentuk sebuah piramida.
  • Perangkat reflektor holografiknya sudah jadi. Sekarang kamu tinggal letakkan lubang kecil piramidanya tepat di tengah-tengah HP kamu.
  • Untuk video hologram 4 sisinya, kamu bisa streaming atau download videonya di Youtube. Kamu bisa lihat video-videonya di artikel berikut ini:
Baca Juga:  Belajar NodeJS dan Panduan Installasinya

10 Video Keren Buat Reflektor Hologram Mini Kamu

Gampang banget kan ternyata? Hanya dengan Modal Goceng, Kamu Bisa Ciptakan Hologram Keren di HP Android Sendiri! Semua alat dan bahannya pasti ada di rumah kamu? Atau jika harus membeli beberapa bahan seperti tempat CD dan lem, kamu nggak harus merogoh kantong kamu dalam-dalam, kok. Trik sederhana ini bisa digunakan untuk pamer ke teman. Jaka jamin teman-teman kamu pasti akan terkesan dengan proyektor hologram mini buatan kamu. Kalau penjelasan di atas masih belum jelas, Jaka juga bikin video proses pembuatannya loh! Spesial dan eksklusif buat kamu! Ini dia videonya.