Tutorial

Mudah dan Cepat , Cara Install ProxMox VE 4.4

Cara Install ProxMox VE 4.4


Cara Install ProxMox VE 4.4 – Berdasarkan penjelasan pada Wikipedia, Proxmox Virtual Environment (ProxMox VE) merupakan salah satu distro virtualisasi server yang bersifat open source dengan basis Debian, ProxMox VE sendiri menggunakan kernel Ubuntu LTS yang sudah dimodifikasi oleh para pengembang ProxMox VE sehingga lebih mempermudah para penggiat virtualisasi dalam mendeploy dan memanajemen mesin-mesin virtual serta linux container dengan menggunakan interface berbasis WEB atau yang dikenal dengan istilah WEB GUI. ProxMox VE sudah mendukung full virtualisation dengan KVM yang merupakan singakatan dari Kernel Virtual Machine.

Pada artikel ini saya mencoba berbagi Tutorial Dasar Cara Install ProxMox VE khususnya untuk ProxMox VE versi 4.4, tutorial ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin mencoba mengenal ProxMox VE. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, terlebih dahulu silahkan anda siapkan beberapa hal berikut :


  • File ISO Install ProxMox VE 4.4, bisa anda download melalui situs resmi ProxMox VE atau kunjungi url ini : https://www.proxmox.com/en/downloads/item/proxmox-ve-4-4-iso-installer
  • Suse Studio Image Writer, sebuah tool yang berukuran kecil untuk mengekstrak bootable image ke USB Drive dan menjadikan USB Drive tersebut bisa digunakan untuk booting. Tool ini bisa anda download dengan mengakses url : Download Suse Studio Image Writer From GitHub
  • Untuk sebagai bahan pembelajaran dan pengenalan dasar terhadap ProxMox VE, spesifikasi CPU yang dibutuhkan tidak perlu terlalu tinggi. Cukup gunakan CPU dengan spesifikasi : Intel Core2 Duo 2,8 Ghz,RAM 4GB, 1 Hardisk, 1 Lan Card (onboard). Untuk spesifikasi yang direkomendasikan bisa anda temukan dengan mengakses url ini : https://www.proxmox.com/en/proxmox-ve/requirements. Spesifikasi hardware untuk menjalankan ProxMox VE ini sebenarnya bersifat relatif, karena tergantung apa dan berapa banyak mesin virtual yang akan kita jalankan pada server ProxMox VE

Setelah kedua file diatas anda download, silahkan burning File ISO Install ProxMox VE 4.4 ke CDROM atau ke flashdisk ((gunakan tool Suse Studio Image Writer)), panduan untuk burning File ISO Install ProxMox VE 4.4 ke flashdisk bisa anda baca para artikel : Cara Install ProxMox VE dari USB Drive atau FlashDisk.

Baca Juga:  Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dan iPhone atau Auto Hemat Baterai

Selanjutnya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini secara bertahap :

  • Siapkan komputer yang akan diinstall ProxMox VE dan atur agar komputer tersebut booting menggunakan bootable flashdisk yang sudah terisi data install ProxMox VE atau atur booting dengan CDROM jika anda menggunakan media CDROM untuk proses instalasi ProxMox VE
  • Setelah melewati proses booting seharusnya anda sudah bisa melihat tampilan seperti gambar berikut ini :


    dan anda lanjutkan dengan memilih menu “ install ProxMox VE” dan anda akan melihat tampilan berikut ini dan lanjutkan dengan klik tombol “ I Agree” :

  • Tampilan berikutnya silahkan tentukan hardisk yang akan digunakan untuk ROOT OS ProxMox VE dan tentukan jenis file sistem yang digunakan beserta ukuran swap, perhatikan gambar berikut ini :

    1. File System, tentukan jenis file sistem yang akan digunakan untuk ROOT OS Proxmox. Untuk proses pembelajaran awal silahkan gunakan EXT4
    2. swapsize, ukuran maksimal swap (virtual memory) dalam satuan Giga. Umumnya diberi nilai seukuran RAM atau 2x ukuran RAM
    3. maxroot, ukuran maksimal untuk partisi root (sistem ProxMox VE) dalam satuan Giga
    4. minfree, ukuran minimal untuk free space dalam satuan Giga pada volume grup pve
    5. maxvz, ukuran maksimal logical volume datadalam satuan Giga : datasize = hdsize – rootsize -swapsize – minfree
     
    untuk proses pembelajaran anda bisa melewati proses ini, cukup tentukan jenis file sistem yang akan digunakan, EXT4 misalnya. Kemudian lanjutkan dengan klik tombol “ Next”
  • Tampilan selanjutnya anda akan disuruh mengisi “ Country, Time Zone dan Keyboard Layout” dan lanjutkan dengan klik tombol “ Next” , sebagai contoh perhatikan gambar berikut ini :

  • Pada tampilan berikutnya silahkan tentukan “ Password” root untuk ProxMox VE beserta “ Email” anda dan lanjutkan dengan klik pada tombol “Next
  • Selanjutnya anda akan dibawa ke tampilan pengisian “ hostname/fqdn, ip address, netmask, gateway,dns server”, perhatikan gambar dibawah ini sebagai contoh dan lanjutkan dengan klik tombol “ Next”

  • Selesai langkah diatas silahkan anda tunggu sejenak sampai proses install selesai


  • Jika anda sudah melihat tampilan seperti gambar terakhir diatas berarti proses install ProxMox VE berhasil dan selesai, silahkan lanjutkan dengan klik tombol “ Reboot”, kemudian silahkan cabut flashdisk atau CDROM anda dan pastikan komputer yang sudah terinstall ProxMox VE booting dengan hardisk yang sudah terinstall ProxMox VE, seharusnya anda sudah bisa melihat tampilan seperti gambar berikut ini :

Baca Juga:  FreeRadius dengan database MySQL di Ubuntu

Selanjutnya silahkan anda coba akses IP Address server ProxMox VE anda melalui web browser dengan protokol HTTPSdan port 8006, sebagai contoh : https://10.50.88.88:8006/. Sebelumnya jangan kaget jika anda melihat SSL Warning pada browser yang anda gunakan, ini dikarenakan WEb GUI ProxMox VE secara default menggunakan protokol HTTPS dengan sertifikat SSL yang ditanda tangani sendiri (self signed certificate), anda dapet mengabaikan warning ini. Perhatikan gambar-gambar dibawah ini :

Google Chrome :

install-pve4-10-chrome
install-pve4-11-chrome

Mozilla Firefox :

install-pve4-10-firefox
install-pve4-11-firefox
install-pve4-12-firefox

Seharusnya anda sudah bisa melihat tampilan seperti gambar dibawah ini dan silahkan login dengan username :root dan passwordnya adalah password yang sudah anda buat sebelumnya.

install-pve4-13
install-pve4-14

Selanjutnya anda sudah bisa mencoba membuat VM (virtual machine) atau CT (container) pada server ProxMox VE anda. Silahkan anda praktekkan pada server proxmox yang sudah anda install sesuai langkah-langkah diatas.