Tips Tutorial

Membangun interface RoIP Zello

Halo teman teman, postingan sebelumnya tentang zello adalah aplikasi zello untuk komunikasi layaknya radio 2 arah (lihat disini). Komunikasi semacam itu kita kenal dengan VoIP. Kali ini saya akan coba membahas eksperimen membuat interface gateway untuk Zello, menghubungkan radio 2 arah (HT/Rig) dengan aplikasi zello menggunakan komputer (desktop/laptop). Pada akhirnya nanti,  kita bisa komunikasi radio ke radio, radio ke HP/Smart Phone, radio ke komputer/PC, HP ke HP, HP ke komputer dan komputer ke komputer; dan sebaliknya. Komunikasi semacam ini dikenal dengan RoIP. Seperti blok gambar berikut, komunikasi akan berlangsung bila ada internet, server zello, interface / RoIP gateway dan ditambah RPU:

link gateway

Sebelumnya saya coba jelaskan dulu apa itu zello, mungkin sebagian teman-teman masih belum mengenalnya.

Zello adalah sebuah software gratis yang bisa di download di internet,  aplikasi yang mirip dengan radio komunikasi biasa. hanya saja link yang digunakan tidak menggunakan sinyal radio frekuensi, melainkan menggunakan koneksi internet.  Karena  dalam penggunaannya, aplikasi ini sama dengan radio komunikasi seperti HT / Rig yang biasa kita gunakan yaitu menggunakan tombol PTT. Kita harus menekan tombol PTT pada saat ingin berbicara / Transmit dan melepaskannya untuk mendengarkan lawan bicara / Received. Pada radio komunikasi biasa kita harus menentukan frekuensi, namun pada zello ini kita harus menentukan lawan bicara berupa username, ataupun room atau channel untuk berbicara dengan beberapa orang dalam ruang / channel yang sama.

Kelebihan Zello ini adalah software yang multiplatform. Software-nya tersedia untuk PC / Komputer biasa / desktop maupun laptop. Juga ada software untuk ponsel pintar  seperti Blackberry, Android, atau iPhone, sehingga semua pengguna zello yang berbeda platform bisa saling berkomunikasi. Software ini bekerja dengan baik untuk jaringan 3G maupun 4G.

Lalu apa yang dimaksud dengan “interface gateway” ? Interface gateway ini adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan software Zello dengan Radio komunikasi yang biasa kita gunakan, seperti HT ( handyTalky ) atau pun RIG  sebagai base station.  sehingga efek nya lebih dahsyat yaitu Pengguna Radio Komunikasi bisa saling terhubung dengan pengguna software Zello ataupun sebaliknya. Singkatnya; HP dan HT bisa saling berkomunikasi. Dengan kata lain yaitu kita bisa berkomunikasi menggunakan ponsel dimanapun; selama Zello kita terkoneksi ke internet. Misalkan kita sedang berada di tempat kerja / dikantor / di luar kota; bahkan diluar negeri, kita masih bisa berkomunikasi dengan rekan kita yang menggunakan HT saat camping atau digunung yang tidak ada sinyal HP sekalipun.

Wiring di komputer / Laptop

Line out audio dari komputer terhubung ke Mic input Radio, melewati kopling kapasitor 10uF. Atur volume komputer atau intensitas audio nya bisa kita atur kira kira 30% dan sebaliknya Speaker out dari Radio kita hubungkan ke Line in atau Mic input Komputer melalui kompling kapasitor 10 uF. Atur volume radio kira kira 50%. Crossing audio seperti diatas secara audio pada komputer dan radio sudah saling terhubung.

Bagaimana tombol PTT di Zello dan di Radio bisa menekan secara otomatis pada saat ada ada yang berbicara?

1. Kita mulai dari Radio ke PC terlebih dahulu (Radio RX – Zello TX)

Baca Juga:  Bikin DNS Filter trust Positif Kominfo

Zello pada PC terdapat tombol PTT. PTT yang dimaksud bisa menggunakan salah satu tombol / keypad pada keyboard ataupun melalui tombol klik yang ada di mouse. “PTT” ini  harus kita tekan apabila kita ingin berbicara. Dengan kata lain pada kasus ini, tombol PTT ini harus ditekan pada saat Radio menerima sinyal atau pada posisi RX / receive. Bagaimana caranya setiap kali radio RX harus menekan tombol PTT di zello? Tombol PTT pada zello dapat kita ubah dengan trigger tombol pada Keyboard maupun Mouse.

mouse diagram
Skema Mouse
mouse

Pada kasus ini kita buat settingan tombol PTT menggunakan klik kiri pada mouse digerakan / diaktifkan oleh tegangan COR pada radio, sehingga kita harus mengorbankan 1 buah mouse untuk proyek kali ini . Titik  COR pada radio akan mengeluarkan tegangan pada saat radio posisi RX ada sinyal (pada beberapa radio ditandai dengan LED indicator warna hijau menyala). Ada 2 macam kondisi yaitu active Low atau active High pada saat radio RX.  Tidak semua radio memiliki fitur COR out yang sudah tersedia pada jack diluar. Beberapa radio yang sudah ada COR out antara lain adalah HT Alinco DJ196 / DJ496, Rig Alinco DR135/DR135 ataupun radio Motorola seri GM seperti GM300, GM3188 dan GM lainya.

Pada Radio HT  Alinco jenis Alinco DJ196 / DJ496 titik COR bisa kita ambil pada jack microphone ( jack 2,5mm ), gunakan jack 2,5 yang 3 pole atau stereo. Titik ujung adalah Mic input, titik tengah adalah COR out  dan yang terakhir adalah ground. mode COR pada radio ini adalah Active High dengan kata lain titik COR ini akan mengeluarkan tegangan 5 Volt pada posisi RX  menerima sinyal dan akan Low / 0 pada posisi standby.  Ada menu yang harus kita aktifkan yaitu EXP=ON pada menu/fungsi radio. Caranya dengan menekan tombol Function beberapa detik kemudian masuk ke menu Setting cari menu EXP dan pindahkan ke posisi ON. Titik COR out dari radio ini hubungkan ke basis transistor NPN ( transistor universal ). Transistor ini berfungsi sebagai switch, mengubah aktif HIGH ke aktif LOW. Emittor terhubung ke Ground, kemudian Collector akan ke posisi low atau 0 pada saat ada tegangan masuk ke basis. Kaki collector kita hubungkan ke tombol Mouse ( klik kiri ).

Untuk Radio RIG jenis Alinco DR135 / DR435 kita dapat ambil titik COR pada jack DB9 kaki nomor 1 ( silahkan cek buku manual ) DR135 / DR435 ini active Low pada saat RX. Jadi silahkan hubungkan titik COR nya ke tombol klik kiri pada Mouse.

2. Kita lanjut ke Trigger PTT radio pada saat  Zello kita RX atau menerima voice dari pengguna zello yang lain (Zello RX – Radio TX)

Mungkin dari teman-teman sudah ada yang mencoba software EQSO atau e10.25 atau ITKP RAPI? Cara kerja software ini untuk menekan tombol PTT radio  yaitu melalui port COM pada komputer.  salah satu pin pada port COM ini mengeluarkan tegangan yang kemudian digunakan untuk men trigger tombol PTT pada radio.

Berbeda dengan Zello. Zello tidak ada fitur untuk mengeluarkan tegangan pada port COM.  Lalu bagaimana meng “akali” nya ya? Salah satu cara nya yaitu yaitu menggunakan VOX detektor atau menggunakan Nada DTMF yang di sisipkan pada saat  (awal) “voice message” masuk dan “voice message”  masuk telah selesai (akhir).

Baca Juga:  Script iptables mac filter

VOX detector, untuk HT Alinco biasanya ada bersama hansfree mic type EME-12/13 atau sejenisnya. Untuk radio HT model sekarang, biasanya ada menu VOX. Kita tinggal ON / OFF menu ini. Ada kekurangan ketika kita pakai mode ini; yaitu akan otomatis mengaktifkan PTT  ketika ada modulasi saja. Sehingga pancaran dari radio akan terputus – putus, karena ada jeda (titik, koma, ambil nafas) ketika kita berbicara.

Yang akan kita bahas kali ini adalah menggunakan trigger nada DTMF, untuk meng-ON/OFF-kan PTT radio; sehingga pembicaraan tidak terputus-putus. PTT akan “ON” dari awal sampai akhir pembicaraan, dan “OFF” ketika selesai bicara.  Kita bisa rakit secara terpisah atau membeli modul DTMF sekitar 50-ribuan.

modul dtmf 8870
Modul Dekoder DTMF IC MT 8870

Inti modul DTMF yaitu IC MT8870, adalah sebuah receiver DTMF dengan output  BCD,  ada 4 pin output dari IC tersebut. D3|D2|D1|D0. Masih bingung ya? DTMF dual tone modulasi frekuensi. Ada  suara analog / nada tertentu (standar) yang masuk dan teridentifikasi oleh IC. Keluaran IC berupa 4 digit BCD binary code decimal, hanya 0/low dan 1/high, dimana 0000 = 0, 0001 = 1, 0010 = 2 dan seterusnya.

Pada proyek ini kita hanya menggunakan 2 nada DTMF saja. yaitu nada DTMF angka 1 dan angka 2. Namun kita hanya perlu  1 jalur data (D1) untuk mengaktifkan PTT Radio. Perhatikan perbedaan 1 dan 2 pada digit ke-1 dan 2 dari kanan (D0 dan D1). Pada saat IC menerima nada DTMF angka 1 pada output  D0 = 1 dan D1 = 0 kemudian pada saat IC menerima DTMF angka 2 pada output  D0 = 0 dan D1 = 1.  Sehingga bisa kita manfaatkan D1 ini untuk menekan/mengaktifkan tombol PTT.

Out dari D1 ini hubungkan ke basis transistor NPN ( transistor universal ). Transistor ini berfungsi sebagai switch; ketika pada Basis ada tegangan (D1 = HIGH),  membuat rangkaian internal transistor menjadi rangkaian tertutup. Emittor terhubung ke Ground, membuat kemudi pada Collector akan mengalir arus dari VCC +5 Volt melewati LED. Kaki collector menjadi LOW dan terhubung ke PTT Radio, sehingga radio menjadi transmit.

ptt low

Untuk radio jenis RIG control ptt dipisahkan dengan MIC, kita bisa sambungkan langsung dari kaki colector kemudian melewati dioda yang dipasang terbalik.

set zello
menu control zello communications

Perhatikan gambar diatas. Pada software Zello harus kita setting untuk “incoming message alert” dan “new message alert” dengan menyisipkan nada DTMF angka 2,  dan “incoming message ended alert” menyisipkan nada DTMF angka 1. sehingga pada saat zello receive message akan mengeluarkan tone DTMF angka 2 terlebih dahulu… kemudian akan mengeluarkan tone DTMF angka 1 pada saat message nya selesai.   Selanjutnya tone tersebut dimanfaatkan oleh IC MT8870 untuk menekan tombol PTT pada radio secara otomatis. Silahkan ubah PTT menggunakan left mouse button (klik kiri), seperti yang telah dibahas pada point 1 diatas. Kemudian sisipkan DTMF angka 2 pada New conversation alert dan Incoming message alert. Juga sisipkan DTMF angka 1 pada Incoming message ended alert.

Baca Juga:  MIKROTIK DASAR STEP BY STEP

Nada DTMF dari mana?

Coba perhatikan saat anda menggunakan telepon ataupun HP. Saat kita dial angka 0-9, *, # akan keluar nada tertentu bukan?  Nah…. Rekamlah nada saat  kita dial angka 1 dan angka 2. Bila tidak ingin repot, kita bisa download nada-nada tersebut.

Frekuensi keypad DTMF (klik kanan pada angka untuk mendengarkan suara/download)

Freq.        1209 Hz   1336 Hz    1477 Hz    1633 Hz

697   Hz        1              2                 3                A

770    Hz       4              5                  6                B

852    Hz       7              8                  9                C

941     Hz      *              0                  #                 D

Dari pabrikan IC dekoder DTMF memberikan konfigurasi dasar untuk membuat dekoder, sbb:

8877
Konfigurasi dasar dekoder DTMF 8870

Kemudian pada modul DTMF / IC dekoder 8870 terdapat VCC ( 5V ), tegangan 5 volt bisa diambil pada tegangan mouse yang mendapat supply dari PC.

Selesai sudah misi kita untuk menyambungkan Radio dengan Zello ini sehingga bisa kita sebut sebagai Gateway / Zello Radio gateway/ RoIP Zello. Komunikasi kita semakin seru dengan adanya gateway, karena kita bisa kapan saja dimana saja berkomunikasi melalui ponsel pintar dengan jaringan 3G ataupun 4G dan terhubung dengan teman teman kita yang menggunakan radio RIG atau HT. Dan komunikasi akan semakin dasyat   bila frekuensi radio yang kita gunakan adalah frekuensi Repeater / Pancar Ulang / RPU.

vox zello gateway
otomatisasi PTT HT menggunakan VOX hansfree Alinco EME-13
dtmf zello gateway
otomatisasi PTT HT menggunakan modul DTMF 8870

Pada gambar diatas, sisi sebelah kanan adalah usb optikal mouse yang dikorbankan.

Gambar dibawah adalah gateway lengkap menggunakan laptop yang terhubung ke internet, interface laptop ke radio menggunakan modul DTMF, interface radio ke laptop menggunakan mouse;  untuk komunikasi radio ke radio, radio ke HP/Smart Phone, radio ke komputer/PC, HP ke HP, HP ke komputer dan komputer ke komputer; dan sebaliknya.

Ada baiknya menggunakan komputer desktop untuk menjaga pasokan listrik dan paket internet unlimited agar kuotanya tidak habis.

gateway zello
Interface zello gateway pada channel RAPI Lokal Cikarang

Selamat ber-eksperimen……, selamat berkomunikasi tanpa batas….

Tambahan:

(6 Oktober 2017). Mungkin pembahasan diatas agak “njlimet”; dan umumnya secara teknis akan lebih mudah kalau melihat gambar / skema. Kira kira skemanya seperti ini:

Zello connection

Pada rangkaian diatas, COS dari HT Alinco DJ 196 dihubungkan pada mouse klik kanan. Pilihan kiri atau kanan, tergantung selera kita; tinggal kita sesuaikan seting pada zello option. Seting HT Alinco DJ 196 dengan EXP = ON akan membuat COS = +5V ketika radio menerima sinyal. Untuk membuat HT Alinco DJ 196 transmit melalui jalur Extra mic dengan cara by pass dengan Resistor 10K, menjadi rangkaian tertutup dengan Ground. Gunakan kapasitor C 1-10 uF / 16V dan Dioda IN4148 untuk memblokir sinyal RF. Sumber tegangan DTMF modul dapat diambil dari mouse +5V.

Rangkaian diatas resistor 33K bisa dimodifikasi dengan variable resistor agar transistor yang berfungsi sebagai saklar akan “cut off” pada kondisi seperti yang kita inginkan.