Gadget

7 Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP Paling Akurat

Apakah HP kamu sering bermasalah pada hardware dan softwarenya? Pernah cek kesehatan HP pakai aplikasi?

HP adalah perangkat yang sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Untuk itu, penting hukumnya untuk menjaga semua fungsi HP berjalan normal.

Siapa sih yang nggak sebal kalau HP cepat panas saat digunakan sehari-hari?.

Itu hanya satu kasus, bagaimana dengan fungsi HP lainnya? Bingung bagaimana mengecek kesehatan HP kamu?

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP Paling Akurat

Tidak ada pbenda yang bisa digunakan selamanya. Begitu juga dengan HP, ada saatnya bagian h_ardware_ atau software menjadi usang.

Sebelum menjadi rusak dan sulit untuk diperbaiki, ada baiknya untuk servis HP. Namun, hal ini sebenarnya kerusakan HP kamu bisa dicegah/dideteksi menggunakan aplikasi, lho!

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengecek fungsi dasar HP mulai dari layar, speaker, hingga lampu flashlight.

Berikut adalah aplikasi untuk cek fungsi HP paling akurat rekomendasi Jaka yang bisa kamu coba:

1. Phone Check (and Test)

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 1 5bb98

Pertama adalah Phone Check yang dapat mengecek fungsi HP kamu secara spesifik namun mudah dioperasikan. Aplikasi ini dikembangkan oleh inPocket Software.

Phone Check didesain untuk melakukan uji coba fungsi HP seperti jaringan internet, WiFi, layar, hingga CPU. Hasilnya pun akan disimpan dalam aplikasi yang bisa kamu lihat kapanpun.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini jika merasa ada yang bermasalah dengan HP. Selain itu, Phone Check juga dapat menjadi standar untuk menjual HP dengan menunjukkan hasil uji fungsi ke calon pembeli.

Download aplikasi Phone Check gratis di Google Play Store.

DetailPhone Check
RatingRated for 3+
Skor Review4.7 (18,689)
Ukuran Game3,8 MB
Minimal Android4.2 and up
Baca Juga:  HP Tanpa Notch atau Punch Hole 2019

2. Phone Doctor Plus

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 2 489e5

Layaknya seorang dokter kesehatan, Phone Doctor Plus ini akan mencoba fungsi dasar HP kamu dan menilai performanya. Aplikasi ini dikembangkan oleh iDea Mobile Tech Inc.

Phone Doctor Plus akan memeriksa fungsi perangkat kamu dengan proses yang tak lama, serta mampu memeriksa kesehatan baterai kamu. Jadi, cocok jika kamu merasa baterai HP sudah bocor.

Hasil yang sudah diuji oleh aplikasi ini akan disimpan dan kamu akan diberikan penilaian secara simpel. Phone Doctor Plus memiliki antarmuka yang menarik dan cocok untuk digunakan oleh pemula.

Download aplikasi Phone Doctor Plus gratis di Google Play Store.

DetailPhone Doctor Plus
RatingRated for 3+
Skor Review4.5 (35,761)
Ukuran Game11 MB
Minimal Android4.0 and up

3. Dead Pixels Test and Fix

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 3 57ed7

Selanjutnya adalah sebuah aplikasi untuk cek fungsi layar HP, Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi ini akan memeriksa kesehatan HP kamu, terutama bagian layar.

Aplikasi ini dikhususkan untuk HP dengan layar LCD, serta mampu untuk membetulkan layar yang rusak. Dead Pixels Test and Fix dapat kamu operasikan dengan mudah.

Kamu hanya butuh memilih kebutuhan yang diinginkan, entah itu check dead pixel atau fix dead pixel. Lalu, tinggal mengikuti instruksi yang diberikan dalam aplikasi.

Download aplikasi Dead Pixels Test and Fix gratis di Google Play Store.

DetailDead Pixels Test and Fix
RatingRated for 3+
Skor Review4.1 (17,897)
Ukuran Game2,4 MB
Minimal Android4.0 and up

4. Accu Battery

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 4 2d73a

Nah, kalau aplikasi yang satu ini pasti pernah kamu dengar. Accu Battery dapat membantu kamu mengidentifikasi dan menjaga kesehatan baterai HP.

Baca Juga:  Daftar HP 5G Terbaik 2019, Sudah Bisa Dibeli!

Aplikasi ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi kesempatan baterai yang bocor. Accu Battery akan memberi tahu kamu kapan harus mulai dan berhenti mengisi baterai.

Selain itu, aplikasi ini akan terus memantau kesehatan baterai dalam hitungan persen. Tak berhenti di situ, ada juga fitur alarm sehingga dapat memberi peringatan untuk menghentikan pengisian baterai.

Download aplikasi Accu Battery gratis di Google Play Store.

DetailAccu Battery
RatingRated for 3+
Skor Review4.7 (138,783)
Ukuran Game4 MB
Minimal Android5.0 and up

5. Device Info

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 5 B3412

Device Info adalah aplikasi untuk cek fungsi HP lainnya yang dapat kamu gunakan. Sama seperti aplikasi lainnya, Device Info ini akan memeriksa fungsi HP secara spesifik.

Namun, aplikasi ini memberikan informasi yang cenderung lebih lengkap dan lebih cocok digunakan untuk para ahli. Sehingga kamu dapat mengetahui bagian mana yang seharusnya dibetulkan.

Saking lengkapnya cek fungsi aplikasi dari Device Info, kamu dapat mengetahui kesehatan tiap aplikasi yang terinstal di HP. Hal ini berguna untuk mengetahui aplikasi mana yang sudah tak berguna lagi.

Download aplikasi Device Info gratis di Google Play Store.

DetailDevice Info
RatingRated for 3+
Skor Review4.7 (6,707)
Ukuran Game2,5 MB
Minimal Android5.0 and up

6. DevCheck

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 6 D535d

Sama seperti Device Info, aplikasi DevCheck ini pun sangat cocok untuk digunakan para pengguna profesional untuk mengetahui fungsi HP secara spesifik.

Kamu dapat mengetahui segala informasi seputar perangkat HP dengan spesifik dan dibagi menjadi sejumlah segmen mulai dari Hardware hingga Apps.

DevCheck juga dapat memberikan informasi lengkap tentang HP kamu secara real-time dan mengetahui penggunaan CPU dalam gambaran statistik.

Baca Juga:  Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dan iPhone atau Auto Hemat Baterai

Download aplikasi DevCheck gratis di Google Play Store.

DetailDevCheck
RatingRated for 3+
Skor Review4.7 (6,200)
Ukuran Game5,3 MB
Minimal Android4.1 and up

7. TestM Hardware

Aplikasi Untuk Cek Fungsi HP 7 C411a

Terakhir adalah TestM Hardware yang dapat kamu gunakan dengan mudah untuk cek fungsi HP secara spesifik. Aplikasi ini pun memiliki antarmuka yang sangat menarik dan mudah dimengerti.

Kamu dapat melakukan uji coba dengan proses yang cukup singkat dengan TestM Hardware, jangkauan identifikasi HP pun luas dari tes layar hingga kamera.

Kamu juga dapat melihat diagnosis hardware secara lengkap. Tak berhenti di situ, aplikasi ini mampu mencari lokasi reparasi HP untuk kamu dalam bentuk maps.

DetailTestM Hardware
RatingRated for 3+
Skor Review4.1 (17,889)
Ukuran Game29 MB
Minimal Android5.0 and up