Coretan Tips

14 Fungsi Unik USB OTG yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sejak diperkenalkan Android Honeycomb 3.0, Google sudah memperkenalkan fitur Host Mode yang memungkinkan Android untuk memiliki fungsi layaknya komputer.

Fitur ini bisa digunakan ketika perangkat smartphone kamu terhubung dengan konektor USB OTG. USB On The Go (OTG) memampukan smartphone untuk dapat membaca data yang ada di flashdisk, bahkan melakukan transfer data tanpa harus melewati komputer.

Fungsi keren USB OTG ini tentunya memudahkan aktivitas kamu banget. Selain untuk membaca flashdisk, ternyata USB OTG punya fungsi unik lain, lho.

14 Fungsi Unik USB OTG yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Meskipun USB OTG merupakan fitur yang penting banget di era seperti sekarang, namun nggak semua smartphone mendukung fitur ini, geng.

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah smartphone-mu mendukung fitur ini adalah mengecek kotak pembelian atau melihat spesifikasi lengkap smartphone tersebut di internet.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa fungsi unik dan keren dari USB OTG yang mungkin belum kamu ketahuiCheck it out!

1. Menambah Memori Smartphone

Fungsi Usb Otg 10

Memori internal smartphone kamu kecil? Jika memiliki flashdisk yang dilengkapi kemampuan USB OTG, kamu bisa langsung menancapkannya pada smartphone.

Nah, dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow, kamu bisa menyulap flashdisk yang kamu gunakan jadi memori internal.

Kalau smartphone kamu tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kamu hubungkan bisa digunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file musik, foto atau video.

2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

Fungsi Usb Otg

Berkat fitur Host Mode, smartphone yang mendukung USB OTG bisa digunakan sebagai media peripheral.

Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kamu dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless agar memudahkan kamu mengoperasikan smartphone.

Baca Juga:  TrueCrypt

3. Menyalakan Kipas Angin

Fungsi Usb Otg 2

Pernah nggak, sih, kamu merasa kegerahan ketika naik kendaraan umum dari kantor menuju rumah atau arah sebaliknya?

Dengan membeli mini-USB fan yang dijual di berbagai online shop, kamu bisa menyegarkan diri di kendaraan umum dengan bantuan smartphone.

Cukup hubungkan mini-USB fan yang kamu miliki ke konektor OTG, dan rasakan segarnya angin sepoi-sepoi yang dihasilkan.

4. Menyalakan Lampu Darurat

Fungsi Usb Otg 3

Memasuki musim hujan, di beberapa kota sangat rawan dengan pemadaman listrik bergilir. Pasti menyebalkan kalo tiba-tiba rumah jadi gelap gulita?

Nah, thanks to fungsi unik USB OTG, sekarang kamu nggak akan kegelapan lagi jika menghubungkan lampu LED ke USB OTG.

Salah satu jenis mini-LED Light yang bisa kamu beli dan gunakan untuk ini adalah keluaran Xiaomi yang murah namun berkualitas, geng.

5. Membaca Data Menggunakan Card Reader

Fungsi Usb Otg 4

Kamu punya banyak foto menarik di SD Card yang kamu gunakan di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer?

Nggak perlu khawatir, kamu bisa , lho, langsung membaca data yang ada di dalamnya menggunakan card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. Sekarang kamu bisa berbagi konten keren kapan dan di mana saja.

Fungsi Unik USB OTG Lainnya…

6. Mengubah Smartphone Jadi Power Bank

Fungsi Usb Otg 5

Makin ke sini, aplikasi smartphone makin menguras baterai saja. Smartphone dengan kapasitas baterai ekstra tentunya bisa jadi pilihan.

Nah, jika smartphone kamu support USB OTG dan juga memiliki baterai raksasa seperti ASUS ZenFone Max, kamu bisa loh menggunakannya sebagai power bank.

Lumayan kan bisa beramal dengan memberikan daya cadangan pada smartphone orang lain? Uniknya lagi, kamu bukan cuma bisa mengisi ulang smartphone lain, tapi juga mengisi gadget seperti Action Cam hingga MP3 Player.

Baca Juga:  10 Situs dan Cara Buat Sendiri Akun SSH Premium Gratis

7. Membaca Data di Harddisk Eksternal

Fungsi Usb Otg 6

Pengguna PC pasti sudah akrab dengan yang namanya harddisk eksternal. Pasalnya, perangkat ini bisa jadi penyimpanan media ekstra untuk data-data penting yang kamu miliki di PC.

Nah, kamu bisa, lho, membaca data di harddisk eksternal langsung di smartphone menggunakan USB OTG. Untuk cara lengkapnya, kamu bisa baca di artikel Cara Membaca Harddisk Eksternal dengan USB OTG di Smartphone.

8. Berbagi Baterai dan Media Antar Perangkat

Fungsi Usb Otg 7

Memiliki lebih dari 1 perangkat smartphone saat ini bukanlah hal yang aneh. Nah, ketika salah satu smartphone kamu baterainya habis, kamu bisa menggunakan perangkat lain untuk berbagi baterai menggunakan OTG, geng.

Eits, selain berbagi baterai alias menjadikan smartphone kamu sebagai power bank, USB OTG yang terhubung antar-smartphone juga bisa dijadikan media berbagi data seperti foto, video dan file musik.

9. Menghubungkan Portabel CD Player

Fungsi Usb Otg 8

Punya portabel CD Player? Jika iya, kamu bisa membaca data di kepingan CD kapan dan di mana saja dengan menghubungan Portable CD Player ke smartphone lewat konektor USB OTG.

Tapi kalau dipikir-pikir, siapa sih zaman sekarang yang benar-benar butuh CD player? Kayaknya gak ada deh, geng!

10. Menghubungkan Eksternal Webcam

Fungsi Usb Otg 9

Di eranya smartphone selfie terbaik yang terus bermunculan, eksternal webcam barangkali sudah jadi hal yang langka digunakan.

Tapi jika kamu punya webcam nganggur,kamu bisa menggunakan webcam bekas tersebut untuk menginspeksi suatu wilayah sempit dan gelap dengan mudah.

Cukup hubungkan eksternal webcam milikmu via konektor USB OTG, maka kamu siap memantau wilayah-wilayah sempit dan gelap di smartphone menggunakan aplikasi Camerafi.

11. Menghubungkan LAN ke Smartphone

Fungsi Ajaib Smartphone Android 3

Pernah nggak, sih, kamu merasa kesal ketika smartphone-mu nggak bisa tersambung ke WiFi karena smartphone-mu nggak kompatibel dengan router?

Baca Juga:  Cara Main Mobile Legends di PC dan Laptop (100% Works)

Nah, kalau smartphone kamu sudah support OTG, kamu bisa, lho, menyambungkan kabel LAN ke smartphone kamu. Internet dijamin makin ngebut dan lancar, deh!

12. Menggunakan Controller untuk Bermain Game

1 7282b

Kabar gembira buat kamu yang suka main game namun tangan kamu suka keringetan, geng. Tangan keringetan tentunya mengurangi sensitivitas layar dan jadi sering salah pencet tombol.

Dengan fitur OTG ini, kamu bisa menyambungkan smartphone-mu dengan controller untuk main game. Apalagi, saat ini sudah banyak banget emulator dan game PS2 yang tersedia untuk Android.

13. Mengontrol Kamera DSLR

2 73280

Kamera DSLR memiliki kemampuan menangkap gambar dengan sangat baik. Sayangnya, kamera tersebut memiliki layar yang kecil sehingga cukup menyulitkan ketika ingin mengecek hasil foto.

Dengan menyambungkan HP dan kamera DSLR-mu melalui OTG, kamu bisa memotret dengan kamera DSLR sekaligus mengecek full preview dari jepretan kamu secara langsung.

14. Mencetak Dokumen Langsung dari Printer

3 Daa65

Seperti keyboard, printer dengan fitur USB Plug and Play bakal berfungsi dengan baik di smartphone Android. Kamu bisa mencetak dokumen secara langsung tanpa menggunakan PC.

Namun, untuk langsung mencetak beberapa foto dan dokumen sekaligus, kamu membutuhkan koneksi dengan pilihan mode PTP atau MTP.

Lebih lengkapnya tentang fungsi unik USB OTG ini bisa kamu lihat di video berikut ini: