Coretan Tips

Aplikasi Meeting Online Terbaik untuk WFH

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin mewabah di Tanah Air mengharuskan masyarakat untuk nggak beraktivitas di luar rumah.

Work from Home atau WFH membuat semua kegiatan dilakukan dari rumah masing-masing, termasuk untuk urusan meeting.

Agar meeting bisa dilakukan dengan lancar sekalipun jarak jauh, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk meeting online.DAFTAR ISI

Aplikasi Meeting Online Terbaik

Aplikasi meeting online merupakan salah satu alternatif pilihan untuk melakukan pertemuan jarak jauh, baik untuk keperluan kerja atau pendidikan.

Aplikasi ini pun semakin banyak digunakan dalam kondisi WFH seperti sekarang ini karena sangat praktis dan bermanfaat.

Lalu, apa saja aplikasi meeting online terbaik saat ini? Berikut Jaka kasih ulasannya, geng!

1. Skype

Skype 04c59

Skype merupakan salah satu aplikasi pelopor untuk melakukan panggilan video atau video call. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam menghubungi kerabat jauh.

Dalam kondisi WFH seperti saat ini, aplikasi Skype sangat berguna untuk melakukan meeting online karena banyak fitur yang menguntungkan.

Misalnya, kamu bisa berbincang dengan 50 orang sekaligus dalam satu panggilan video. Panggilan ini pun bisa direkam, disimpan, dan dibagikan.

Keunggulan lainnya adalah Skype bisa diakses dari beragam perangkat, seperti komputer atau laptop, smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

2. Zoom

Zom 6d3ed

Sama seperti Skype, Zoom adalah aplikasi percakapan yang juga bisa digunakan untuk meeting online atau video conference.

Zoom memiliki sejumlah fitur canggih untuk kemudahan video conference, seperti fitur membagi layar atau screen sharing.

Aplikasi Zoom juga menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengundang partisipan berdasarkan nomor telepon hingga e-mail.

Selain dapat digunakan di berbagai perangkat, Zoom bahkan bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video.

Baca Juga:  Cara Bikin Film Pakai Wajah Kamu di Android

3. WhatsApp

WhatsApp 054a5

Selain bisa digunakan untuk chatting dengan orang terdekat, aplikasi WhatsApp juga bisa dipakai untuk rapat kerja atau sekadar berdiskusi jarak jauh.

Kamu bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar meeting online kecil-kecilan, geng.

Mengapa kecil-kecilan? Sebab, WhatsApp hanya memungkinkan video call empat orang sekaligus, termasuk kamu sebagai partisipan.

4. Google Hangouts

Hangouts Bbe54

Google menawarkan berbagai kemudahan berkomunikasi jarak jauh, mulai dari mengirim email, mengedit dokumen, hingga video call.

Untuk bertatap muka dengan rekan atau teman, kamu bisa menggunakan fitur video call dari Google Hangouts, geng.

Produk besutan Google yang tentu terintegrasi dengan Google+ dan Gmail ini bisa menampung hingga 25 orang sekaligus dalam satu panggilan video.

Hangouts juga bisa digunakan pada perangkat komputer, smartphone, dan website sehingga cukup efektif untuk mengadakan meeting online.

5. Google Meet

Meet E9b1b

Selain Hangouts, Google juga memiliki aplikasi serupa untuk melakukan meeting online, yakni Google Meet sebagai ruang rapat virtual.

Fiturnya antara lain menampilkan captions secara otomatis dengan teknologi text-to-speech, hingga jadwal meeting yang terintegrasi Google Calendar.

Google Meet dapat digunakan di berbagai platform, mulai dari smartphone, komputer atau laptop, hingga Chromebase untuk meeting.

Kerennya lagi, aplikasi ini bisa menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam satu panggilan video. Bisa buat meeting sekampung!

6. Teams

Teams D3b31

Sama seperti sebelumnya, Teams merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat secara online.

Aplikasi rancangan Microsoft ini menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa dinikmati berdasarkan versi yang digunakan, yakni versi gratis atau berbayar.

Jangan khawatir, geng. Meskipun kamu menggunakannya secara gratis, kamu tetap bisa menikmati banyak fitur mumpuni.

Baca Juga:  10 Layanan Free untuk monitoring website kamu

Fitur tersebut antara lain akses panggilan hingga 300 orang, panggilan video tanpa batas durasi, berbagi layar, hingga penyimpanan pada Cloud.

7. Cyberlink U Meeting

Cyberlink Dfeff

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video conference dengan rekan dari rumah adalah Cyberlink U Meeting.

Beragam fitur mendukung pun tersedia dalam aplikasi yang cocok digunakan saat WFH ini. Misalnya, group call hingga 25 orang dan penyimpanan Cloud sebesar 2GB.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati perekaman sesi panggilan video, dan yang paling penting adalah adanya end-to-end encryption, geng.