Gadget Tips

Cara Split Screen di HP Android Tanpa Aplikasi

Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga memiliki fungsi lain yang nggak kalah penting. Mulai dari hiburan seperti nonton film, musik, dan game, mencari informasi, dan untuk bekerja.

Dalam dunia pekerjaan, kita mengenal istilah multitasking atau multitugas. Nggak cuma orang saja yang dituntut memiliki kualitas ini, smartphone zaman sekarang juga sudah mendukung hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan menyematkan fitur split screen yang berfungsi untuk membelah tampilan layar supaya dapat menampilkan 2 jendela aplikasi sekaligus.

Kalau kamu penasaran pengen tahu bagaimana cara split screen HP Android

Syarat Menggunakan Split Screen

1 03f36

Split screen memudahkan kamu yang misalnya sedang berbalas pesan dengan pacar namun nggak pengen ketinggalan nonton video-video prank di YouTube.

Meskipun menawarkan kepraktisan, namun terdapat beberapa syarat untuk fitur split screen. Selain itu, nggak semua aplikasi juga mendukung fitur split screen, geng.

Untuk HP Android, kamu nggak perlu meng-install APK apapun. Asalkan HP kamu sudah menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat, fitur split screen sudah terpasang di HP-mu.

Selain syarat sistem operasi, HP kamu juga wajib memiliki RAM yang leluasa. Membuka beberapa aplikasi, apalagi game HD, membutuhkan konsumsi RAM yang cukup besar.

Nah, kalau kamu merasa HP kamu sudah memenuhi persyaratan, langsung saja simak penjelasan mengenai cara split screen di berbagai HP.

Cara Split Screen di HP Android

Dalam tutorial cara split screen berikut, hanya akan mengambil sampel dari beberapa brand HP Android saja. Alasannya adalah karena semuanya memiliki langkah yang kurang lebih sama.

Baca Juga:  WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sayangnya, pengguna iPhone harus berkecil hati soalnya nggak ada cara split screen iPhone yang bisa kamu lakukan. Daripada kamu makin penasaran, langsung simak saja, yuk, geng!

1. Cara Split Screen Xiaomi

Pertama-tama, bakal membagikan cara split screen Xiaomi dengan mudah. Kali ini, menggunakan HP Xiaomi Mi 8 dengan MIUI 11 untuk tutorial.

Kalau kamu nggak pakai HP yang sama dengan , nggak perlu khawatir berbeda karena yang memengaruhi adalah versi OS-nya.

  • Langkah 1: Sebelum membuat layar menjadi split screen, pastikan aplikasi yang ingin kamu multitasking sudah kamu buka sebelumnya dan ada di dalam Recent Apps.
  • Langkah 2: Klik tombol recent apps yang terdapat di layar HP-mu. Kalau kamu menggunakan opsi Full Screen Gesture seperti , kamu bisa tarik layar bagian bawahmu ke atas.
Cara Split Screen Xiaomi 1 3ca46
  • Langkah 3a: Di langkah berikut, kamu memiliki 2 opsi untuk melakukan split screen. Opsi pertama adalah menekan tombol Split Screen yang ada di pojok kiri atas.
Cara Split Screen 3 0bf0f
  • Langkah 3b: Opsi kedua, kamu bisa menyentuh dan menahan aplikasi mana yang ingin kamu munculkan pada split screen. Setelah itu, tekan ikon split screen yang berbentuk seperti simbol “=“.
Cara Split Screen 2 3702a
  • Langkah 4: langkah selanjutnya sama. Setelah kamu berhasil menampilkan aplikasi di bagian atas layar, kamu tinggal memilih aplikasi kedua yg ingin kamu buka di bagian bawah layar.
Cara Split Screen Xiaomi 4 5f2d6

2. Cara Split Screen Samsung

Selanjutnya, bakal kasih tahu kamu cara menggunakan fitur split screen pada HP Samsung. menggunakan Samsung Galaxy A51 dengan update OS terbaru.

Kalau kamu mencari cara split screen Samsung A20, kamu juga tetap bisa mengikut cara berikut, lho. Check it out!

  • Langkah 1: Pada menu utama HP Samsung, klik pada tombol Recent Apps yang terdapat pada bagian kiri bawah layar.
Baca Juga:  10 Situs dan Cara Buat Sendiri Akun SSH Premium Gratis
Cara Split Screen Samsung A20 1 C4590
  • Langkah 2: Pilih aplikasi yang ingin kamu tampilkan pertama dengan mengklik, lalu pilih opsi Open in Split Screen View.
  • Langkah 3: Setelah aplikasi pertama muncul di bagian atas layar, pilihlah aplikasi kedua yang ingin kamu tampilkan di bagian bawah. Selesai, deh!
Cara Split Screen Samsung A20 2 C7705

3. Cara Split Screen vivo

Kamu pakai HP vivo? Jangan sedih, kali ini mau kasih tahu kamu Cara split screen vivo Y91 dan seri HP vivo lainnya. Check it out!

  • Langkah 1: Pada homescreen HP vivo kamu, klik ikon Recent Apps yang terletak pada bagian kiri bawah layar.
  • Langkah 2: Setelah itu, pilih aplikasi mana yang ingin kamu tampilkan di bagian atas dengan memencet tombol split screen dengan ikon “=” yang ada di bagian kiri atas window.
Cara Split Screen Vivo Y91 1 3b604
  • Langkah 3: Setelah aplikasi pertama muncul di bagian atas layar, kemudian kamu tinggal pilih saja aplikasi manakah yang ingin kamu tampilkan di bawah layar.
Cara Split Screen Vivo Y91 2 388c3

4. Cara Split Screen OPPO

Selanjutnya, akan kasih tahu kamu cara split screen HP OPPO dengan mudah. Kamu bisa menggunakan cara split screen OPPO F1s di semua HP OPPO yang telah mendukung fitur ini.

  • Langkah 1: Pertama-tama, klik pada tombol Recent Apps yang ada pada layarmu. Kalau kamu menggunakan Full Screen Gesture, kamu bisa menarik layar bagian kiri bawah ke atas.
  • Langkah 2: Pilih aplikasi yang kamu inginkan, klik pada ikon garis 3 di kanan atas, kemudian pilih opsi Split Screen.
Cara Split Screen Oppo F1s 1 D1b2c
  • Langkah 3: Setelah aplikasi yang kamu inginkan telah ditampilkan di layar atas, kamu bisa klik aplikasi lain yang kamu inginkan untuk ditampilkan di layar bawah.
Cara Split Screen Oppo F1s 2 9aa91